Minggu, 27 September 2020

Apa Itu Investasi Peer to Peer Lending dan Bagaimana Cara Kerjanya?



Peer to Peer Lending, atau pinjaman P2P, adalah pinjaman yang terjadi di antara individu, dan memotong peran tradisional meminjam uang dari bank atau meminjamkan uang ke bank dalam bentuk CD atau deposito. Kenapa melakukan ini?

Sederhana karena ada banyak uang yang terlibat dan banyak orang ingin terlibat dalam aksi Peer to Peer Lending tersebut. Pinjaman peer to peer memungkinkan kesempatan untuk memainkan peran bankir dan menanggung risiko yang sama dan penghargaan.

Cara Kerja Peer to Peer Lending

Pinjaman peer to peer melibatkan peminjam yang mengajukan aplikasi pinjaman, dan pemberi pinjaman mengajukan penawaran untuk mendanai pinjaman tersebut. Dalam kasus Prosper, peminjam pertama-tama mengajukan pinjaman.

Kemudian risiko kredit mereka dan faktor-faktor lain dipertimbangkan dan diposting untuk pemberi pinjaman untuk mencari dan menawar pinjaman jika mereka mau. Ketika ada cukup kreditur untuk mendanai pinjaman.

Prosper meminjamkan uang kepada peminjam, kemudian menjual sebagian pinjaman kepada kreditur. Pemberi pinjaman sebenarnya membeli sepotong pinjaman, bukan membuat pinjaman. Prosesnya mungkin sedikit berbeda antara perusahaan pemberi pinjaman P2P lending Terbaik yang berbeda, tetapi prinsipnya serupa.

Pihak yang Diuntungkan Dari Pinjaman P2P

Semua orang mendapat manfaat dari pinjaman peer to peer, selama semuanya berjalan seperti yang diiklankan.

Peminjam mendapat manfaat karena mereka bisa mendapatkan pinjaman, seringkali dengan bunga yang lebih rendah daripada yang bisa mereka dapatkan di bank.

Pinjaman seringkali dapat dibuat pada tingkat yang lebih baik kepada peminjam karena ada lebih sedikit biaya overhead terkait dengan pinjaman.

Pemberi pinjaman mendapat manfaat karena mereka akan sering menerima pengembalian uang yang lebih tinggi daripada jika mereka menempatkan dana mereka ke dalam CD.

Pengembalian 9-12% tidak biasa, namun, hasil pasti Anda dapat bervariasi. Peer to peer perusahaan pemberi pinjaman seperti Amartha mendapat manfaat karena mereka mengambil persentase kecil dari biaya pinjaman yang berasal.

Apakah Pengertian Dari Peer to Peer Lending?

Apakah Peer to Peer Lending Aman?

Proses pinjaman P2P Aman , tetapi seperti halnya membuat pinjaman, pinjaman peer to peer melibatkan sejumlah risiko tertentu. Cara terbaik untuk memitigasi risiko ini adalah dengan sepenuhnya meneliti tingkat kredit yang diberikan oleh perusahaan P2P, dan mendiversifikasi dana Anda di beberapa pinjaman.

Karena Anda dapat menawar dengan hanya 1 juta rupiah, sangat mudah untuk mendiversifikasi uang Anda. Jika Anda pergi dengan perusahaan yang memiliki reputasi baik, seperti Amartha, Anda pada dasarnya mengasumsikan jumlah risiko yang sama dengan yang dimiliki bank, hanya dalam skala yang lebih kecil.

Mengapa Berpartisipasi dalam Peer to Peer Lending?

Alasannya berbeda untuk peminjam dan pemberi pinjaman. Meminjam melalui perusahaan P2P Lending Aman seringkali memungkinkan peminjam untuk mendapatkan pinjaman pada tingkat yang lebih rendah daripada melalui bank.

Untuk pemberi pinjaman, pinjaman peer to peer terbaik memungkinkan Anda untuk “menjadi bank". Ketika Anda memberikan pinjaman atau membeli sebagian dari pinjaman yang sudah ada sebelumnya.

Pemberi pinjaman juga memiliki kesempatan untuk mendiversifikasi uang mereka melalui banyak pinjaman yang menciptakan banyak aliran pendapatan. Ketika pinjaman dilunasi, kreditur memiliki opsi untuk meminjamkan uang dalam pinjaman baru atau menarik uang.

Nah, itu dia pengertian dari Peer to Peer Lending. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dalam memulai usaha investasi. Semoga berhasil.



EmoticonEmoticon